Selasa, 27 Desember 2011

Guru Makan Sogokan ? Masih Jaman, ya !?

Biasanya, fenomena ini hanya terjadi di kalangan polisi saja. Di kalangan guru juga. Contohnya, di salah satu sekolah. Ada seorang guru (mungkin lebih tepatnya guru saya.) di salah satu sekolah saya (saya 'kan orangnya pindah-pindah). Saat itu, guru saya menginformasikan tugas recycle kepada salah satu teman saya pada saat 10 Desember 2011.


Guru Saya (Y) : Ibu kasih tugas recycle, nanti, tanggal 20 nanti dikumpulkan.

Teman Saya (Z) : iya bu.

Lalu, teman sayapun memberi tahu beberapa temannya. Namun, dia tidak memberitahukan satu kelas. Sehingga, terjadi sedikit miskomunikasi dalam hal tersebut.

5 hari setelah tugas tersebut diberi tahu. Saya masih belum tahu apa-apa tentang tugas itu. Namun, saya mendapatkan informasinya ketika saya ke rumah teman saya.

Teman saya (Yu) : Eh, Dip. Lu udah ngerjain PR recycle

Saya : Heh, yang mana ? kok gua nggak pernah tau sih ?

Yu : Masa lu nggak tau. Disuruh buat recycle dari barang bekas tuh. Tanggal 20 dikumpulkannya.

Saya : Heh, sumpah, gua nggak tau. Tapi, makasih ya infonya.

Esoknya (19, di sekolah. Guru tersebut memanggil kami (saya, beberapa teman saya, dan teman saya yang diberi tahu). Saat kami sudah tiba di TKP, wajahnya tidak enak dipandang. Apakah nilai saya ada yang kurang ? Ataukah, ulangan saya remedial ?

Guru Saya (Y) : Tugas kalian mana ? Kelas kalian tuh nilai recyclenya kosong semua ! Liat nih ! Kosong semua !!
Teman Saya (O) :Loh, bu ? Bukannya tanggal 20 ya bu dikumpulkannya ?
Y : Kok tanggal 20 ? Ibu nggak ada bilang tanggal 20. Ibu bilang, seharusnya, bulan lalu, tanggal 20 dikumpulkannya. Sekarang mana tugasnya ?
Kami : *keheranan*
Teman Saya (F) : Belum ada yang selesai bu.
Y : Saya nggak mau tahu. Pokoknya, 2 jam ini harus selesai.

What !? recycle 2 jam !? Hello... Assalamualaikum ! recycle 2 jam mau jadi apa. Lalu, kami bertiga (yang satu lagi ke kelas) berunding.

Saya : Jadi gimana, mana ada recycle se-instant itu..
Teman Saya (F) : Udah, buat aja.
Teman Saya (O) : Gimana, bahannya aja nggak ada.
F : Udah, kita minta kardus ke kantin. Terus, kita buat figura. Saya punya gabus di kelas.
Saya : Aku nggak mau buat. Kalau buat pun kena marah ntar.

Finally, saya tidak membuatnya dan teman saya membuatnya.

2 jam setelahnya, teman saya menyerahkan tugas tersebut

Guru Saya (Y) : Ini buatan anak RSBI ? Buatan anak SLB kali !


Teman Saya (F) : Bu, cuman 2 jam mau dapat apa.

Untuk menghindari cek-cok makin panjang, teman saya mengalah. Dia keluar dari ruang guru dengan muka sedih bercampur marah.

Saya : Kenapa, Fad ?

Teman Saya (F) : Prakarya saya nggak diterima, Dif.

Kebetulan, ada abang kelas lewat.

Abang kelas : Ada apa dek ?
Teman Saya (F) : Tugas recycle saya nggak diterima bang.
Abang kelas : Alah, guru itu. Dikasih kue juga beres.

What !? Apa saya nggak salah dengar atau emang kenyataan !? Assalamualaikum... Baru pertama kali saya menemukan guru seperti itu. Seumur hidup, saya baru menemukan guru yang suka makan sogokan kayak gitu. Lulus SMA nggak, sih ?

Aduh, ini dunia. Baru sadar saya. Dunia bukan itu-itu saja. Duni itu, beraneka ragam.


1 komentar:

Fikri Fauzan Hasan mengatakan...

Ada yah guru kayak gitu? Separah2nya kelakuan guru saya dulu, perasaan nggak ada yg smpe segininya...
Pdhl RSBI...
Parah...
=="

Btw, dsini nggak ada buku tamu yah Fu?
Visit http://mimpi-buruk.blogspot.com/2012/01/absurditas-nilai-mata-uang.html
:D

Posting Komentar